Bekerja dengan Manusia

Bekerja dengan manusia. Setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda-beda dalam menekuni suatu bidang tertentu yang dikerjakan. Sebagian orang memilih untuk bekerja bersama di balik meja artinya bekerja dengan serangkaian pekerjaan administrasi yang mengharuskan seseorang hanya duduk untuk menyelesaikannya contohnya sekretaris. Sebagian lagi memilih bekerja di lapangan yang artinya bekerja dengan menemui secara langsung medan bekerja atau pun objek pekerjaannya di luar ruangan contohnya tukang bangunan. Sebagian memilih bekerja dengan bertemu, berinteraksi, dan melayani manusia contohnya customer service sebuah bank. Guru adalah salah satu pekerjaan yang sebagian besar waktunya berinteraksi dengan manusia. Walaupun guru sekarang ini memiliki cukup banyak pekerjaan administrasi, namun tetaplah tugas utama seorang guru yakni mengajar dan mendampingi siswa di sekolah.

Mendapatkan kesempatan untuk mengajar yakni menjadi seorang guru ternyata merupakan hal yang menyenangkan walau ketika menjalaninya terkadang terasa melelahkan. Menjadi guru artinya menjadi sosok yang dihormati dan disegani oleh siswanya. Dihormati dan disegani bukanlah semata-mata untuk menarik perhatian saja tetapi disegani untuk bisa diteladani. Bagaimanakah jika seorang guru menjadi tidak pantas untuk dihormati dan disegani? Maka jawabannya jelas seseorang itu belum bisa disebut seorang guru. Menjadi guru yang dihormati tidak lantas membuat seseorang antipati terhadap orang lain dan bersikap sewenang-wenang, guru sebaiknya juga menempatkan diri sebagai sahabat dekat siswa yang membuat mereka dekat. Ketika siswa merasa dekat maka siswa akan dengan mudah berbagi kisah dan mengungkapkan kesan apa yang mereka rasakan.

Aku memiliki kesempatan untuk bekerja baik menjadi guru maupun di balik meja. Keduanya memiliki tantangan dan kesan yang berbeda-beda. Terkadang menjadi guru yang mengajar setiap harinya lebih melelahkan daripada hanya duduk untuk menyelesaikan segala pekerjaan administrasi. Namun ada beberapa hal yang menyenangkan yang tidak bisa dipungkiri ketika menjadi seorang guru yakni belajar memahami karakter siswa yang beranekaragam. Jika kamu seseorang yang suka bertemu dengan banyak orang dan berusaha untuk memahami setiap karakternya maka menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Seorang guru minimal memiliki 20 orang siswa yang menjadi tanggungjawabnya. 20 siswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda dan keunikan yang berbeda pula. Untuk bisa memahami setiap karakternya menjadi tantangan tersendiri yang tentu sangat menarik. Hal lain yang sangat membahagiakan hati adalah saat salah satu siswamu mengingat namamu, mencarimu, dan mengatakan bahwa mereka merindukanmu. Kebahagiaan seorang guru bukan pada berapa banyak penghasilan yang didapatkan melainkan ketika seorang siswa datang kepadamu dan mengucapkan terimakasih atas apa yang telah kau berikan yang bahkan kau tidak menyadarinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: