Morning Acceptance

Mendalami ilmu padi semakin berisi semakin merunduk agaknya memang penting untuk situasi sekarang ini. Setiap orang memiliki kesempatan, kelebihan, dan kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang mampu menulis sekian ratus halaman dalam satu jam saja, ada yang mampu berlari 500m dengan waktu yang cepat, ada yang membutuhkan sekian jam hanya untuk menyelesaikan satu buah pertanyaan saja.

Aku percaya, setiap orang istimewa oleh karena itu seberapapun besar kekuatan yang aku miliki masih ada banyak orang lain  yang lebih kuat, setinggi apapun aku meraih impianku ada orang lain yang mencapai mimpi yang jauh lebih brilliant daripadaku. Sebaliknya ketika aku memiliki keadaan yang jauh lebih baik dari orang lain maka hal yang paling tepat aku lakukan hanyalah bersyukur dan tetap menghargai mereka.

Nilai diri seseorang bukan dilihat dari latar belakang pendidikannya, kekayaannya, kecantikan atau ketampanannya tetapi bagaimana dia memperlakukan orang lain di sekitarnya, bagaimana dia bertahan dalam situasi tersulitnya, dan seberapa banyak dia berbagi kepada orang di sekitarnya.

Mungkin memang benar adanya ungkapan semakin berisi semakin merunduk karena kita ini hanyalah bulir-bulir kecil yang bisa saja berisi atau mungkin kosong. Setiap orang diberi kesempatan, kemudahan, tantangan yang sesuai dengan dirinya. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk kita membanggakan kelebihan, kecantikan, kepintaran, dan kekayaan yang kita miliki terhadap orang lain.

Padi yang berisi membutuhkan proses yang tidak singkat, ia membutuhkan sekian waktu untuk dicangkul, dipupuk dan disiram yang mungkin tidak menyenangkan. Sama halnya  emas yang berkualitas unggul pun melewati proses pemanasan yang luar biasa. Sungguh bukan proses yang menyenangkan tetapi menghasilkan kualitas yang mengagumkan. Sama halnya dengan diri seseorang yang semakin mampu bertahan dalam situasi sulitnya maka semakin meningkatlah kualitas diri yang dimiliki.

Jakarta, 25 Februari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: