Melatih Kemampuan Berbicara Anak Tidak Perlu Les

Membicarakan soal pendidikan anak usia dini menjadi hal yang menarik karena saat ini sudah sebagian besar masyarakat paham akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Bahkan dalam perguruan tinggi pun muncul program studi pendidikan anak usia dini yang menyiapkan calon pendidik yang mampu mendidik anak-anak pada usia yang masih sangat kecil.  Apa saja sebenarnya yang penting untuk diajarkan pada anak-anak usia dini tersebut menjadi persoalan yang sebaiknya tidak hanya dipahami oleh para mahasiswa pendidikan usia dini namun seluruh masyarakat dan terpenting orangtua. Pendidikan anak usia dini sangat penting karena pada masa ini anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari perkembangan kognitif, verbal, motorik dan emosi. Hal yang paling mendasar pada perkembangan anak usia dini yakni kemampuan verbal atau kemampuan berbicara.

Kemampuan berbicara masing-masing anak berbeda dan tidak bisa disamakan ada yang menyerap kosa kata dengan sangat cepat namun ada pula yang untuk membunyikan suara saja sangat sulit. Saat ini seringkali ditemui anak-anak yang sudah berusia lebih dari 2 tahun namun masih sulit mengungkapkan kata bahkan menirukan bunyi pun sangat sulit. Kebanyakan orangtua akan menjadi bingung melihat anak mereka yang sudah berusia cukup untuk dapat berbicara namun masih belum bisa berkata apapun. Sebagian orangtua cenderung lebih mudah untuk menyalahkan lingkungan sekitar daripada melihat diri sendiri sehingga jalan pintas pun diambil dengan membawa anak pada guru les atau terapis untuk membuat anak lancar berbicara.

Fenomena memberikan les atau terapi untuk anak agar lancar berbicara menjadi cukup aneh karena hanya untuk berbicara saja orangtua harus meminta orang lain untuk mengajarinya. Beberapa anak memang ada yang memiliki kelainan dalam berkomunikasi verbal sehingga memang membutuhkan tenaga ahli yang mengerti teknik mengajak anak yang memiliki kebutuhan khusus untuk mampu berbicara lancar tetapi berbeda dengan anak-anak yang tidak lancar berbicara karena tidak terbiasa. Sebagian anak-anak yang orangtuanya bekerja seharian penuh dan memiliki waktu yang relatif sedikit untuk bertemu dengan anaknya membuat sang anak mengalami kelambatan dalam komunikasi verbalnya.

Apa sih sebenarnya yang dibutuhkan untuk anak-anak lancar berbicara? Jawabannya sangat sederhana namun mungkin sulit dilaksanakan bagi para orangtua pekerja yang sangat sedikit waktu untuk bertemu anak mreka yakni kebersamaan dengan orangtua. Kebersamaan yang terjalin bukan hanya untuk timbul rasa nyaman pada anak namun orangtua pun wajib untuk selalu mengajak anak berkomunikasi dengan bahasa yang benar bukan mengikuti bahasa anak. Bahasa yang benar diajarkan pada anak tidak akan serta merta ditirukan oleh anak dengan cepat awalnya mereka hanya menirukan sebisanya namun semakin sering anak diajak berkomunikasi maka anak akan semakin cepat menyerap bahasa verbal dengan baik. Jadi, tidak perlu anak sekecil itu harus dipanggilkan guru les untuk belajar berbicara, guru paling berpengaruh untuk melatih anak lancar berbicara tidak lain ya orangtua mereka sendiri. Semakin banyak orangtua meluangkan waktu dan mengajak anak berkomunikasi dengan bahasa yang baik maka semakin cepat anak untuk lancar berbicara.

Pendidikan anak usia dini bukan menempatkan kognitif sebagai tujuan utama namun lebih kepada kematangan emosi, kemampuan verbal, dan motorik anak yang menjadi poin perhatian bagi para orangtua. Sehingga sekolah terkecil untuk pendidikan usia dini ya sebenarnya di rumah masing-masing. Dengan begitu tidak ada cukup alasan untuk tidak membawa anak mengenal pendidikan anak usia dini karena tidak perlu dengan membawa mereka ke sekolah pun di dalam keluarga pendidikan anak usia dini sudah harus dimulai.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: