Venue Resepsi

Acara resepsi kami dilaksanakan di Kota Yogyakarta karena kami semua berasal dari Jogja yaah walaupun tinggal di dua kota yang berbeda tapi tetap tempat kami bertemu dan mengikat janji ya di Jogja. Waktu pencarian tempat resepsi kami coba sesuaikan dengan tema pernikahan kami yakni Jawa Jogja Dinamis hehe. Basically kita memilih tata cara adat Jawa khususnya Jogja karena Jawa tidak hanya Jogja tapi ada solo juga dan keduanya punya perbedaan loh. Oleh karena konsep wedding yang sedikit etnik dan kami mengenakan busana Kanigaran Jogja maka kami putuskan untuk mencari Joglo.

Pendopo menjadi ciri khas Yogyakarta akan menjadi paduan yang cocok untuk tema wedding kami (menurut kami hehe). Kami mencoba survey ke beberapa tempat unutuk melihat pendopo yang cocok. Dalam memliih tempat kami kemarin mepunyai tiga kriteria yakni tempat yang cukup luas untuk 700 undangan, tempat parkir luas dan tidak menyulitkan tamu, dan harga terjangkau (yang paling akhir ini keputusan kami untuk meminimalkan anggaran tempat dan memaksimalkan dekorasi supaya irit hehe) Dengan ketiga kriteria itu kami sempat mendatangi beberapa tempat yakni:

  1. Gedung Ganesha APMD( TimohoNo.317, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225)

ampd-timoho

Gedung APMD ini kami survey karena punya lapangan parkir yang sangat luas dan sirkulasi cukup untuk para tamu, biaya sewanya juga terjangkau dan administrasinya pun tidak terlalu ribet (Tahun 2015 masih berkisar di bawah 5juta). Ketika sampai di sana kami ragu dengan kapasitas gedung. Kami sama-sama berasal dari keluarga besar yang jumlahnya lumayan banyak haha gedung AMPD jadi mungkin akan mengurangi kenyamanan saat di dalam gedung. Dan kita masih ingin mencari pendopo yang cocok untuk tema kami

  1. Ndalem Ngabean(Jl. Ngadisuryan No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ndalem Ngabean berupa pendopo yang memiliki arsitektur Jawa yang sangat bagus. Untuk tema kami akan sangat cocok dengan bentuk pendopo yang etnik dan klasik seperti ini, harga juga masih sesuai dengan anggaran kami (dibawah 10 Juta) tetapi tempat parkir sangat minim dan untuk jumlah tamu kami kemungkinan besar para tamu harus parkir kendaraan mereka di pinggir jalan yang otomatis membuat macet jalan. Wedding kami dilaksanakan malam minggu dan Ndalem Ngabean ini sangat dekat lokasinya dengan alun-alun kidul jadi sudah dipastikan ramenya kaya apa yaa… malam minggu di dekat alun-alun kidul dan ada kawinan duh… ga kebayang macetnya. Akhirnya Ndalem Ngabean bukan pilihan kami.

  1. Pendopo SMKI(Jl.PG. Madukismo, Bugisan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182)

pendopo-smki

Pendopo SMKI ini merupakan pendopo terluas di Kota Yogyakarta sejauh pengamatan kami dan informasi yang kami dapat dari vendor WO kami. Pendopo ini berada di kompleks Sekolah Menengah Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Rupa Yogyakarta jadi sering digunakan untuk pegelaran seni. Pendoponya memang sangat luas dan memiliki arsitektur Jawa yang cukup unik. Harga sewa pendopo SMKI amat sangat murah hehe saat itu hanya 2,5 juta rupiah untuk sewa malam (itu hanya biasa pendopo kosong ya). Untuk lapangan parkir juga cukup luas dan lokasinya berada di Selatan Kota Yogyakarta lebih tepatnya di Kabupaten Bantul tapi ya masih ga jauh-jauh amat dari Kota. Artinya masih jauh dari keramaian malioboro dan pusat kota yang biasanya sangat ramai di malam minggu. Informasi terbaru yang kami dapat harga sewa pendopo sudah naik dan mulai tahun 2016 mereka tidak menerima sewa tempat saja tetapi menggunakan sistem paket. Sistem paket artinya tidak hanya sewa tempat aja tapi catering dan dekorasi harus menggunakan vendor dari Pendopo SMKI. Oya informasi terbaru mengenai pendopo ini bahwa mulai 2017 sudah berbentuk paket (jadi kamu tidak bisa hanya menyewa tempat saja)

Dari sekian tempat yang kami survey akhirnya kami memilih Pendopo SMKI yang sesuai dengan ketiga kriteria kami 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: