Ibu Sumber Kemajuan Sebuah Negara

Peran ibu di dalam keluarga bukanlah peran yang mudah untuk dijalani. Semua wanita mungkin bisa menjadi sangat pintar, terkenal, sangat kaya, dan memiliki karir yang cemerlang namun tidak semua wanita mampu dan mau menjalani peran sebagai ibu. Seorang ibu memulai kehidupan dengan mengandung, melahirkan, dan merawat seorang bayi hingga tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Ibu memiliki peran yang tidak bisa tergantikan oleh orang lain untuk bisa menjadi tempat belajar pertama seorang anak. Tidak hanya merawat dan membesarkan namun juga mengenalkan konsep-konsep sederhana pada tahapan perkembangan seorang anak. Oleh karena itu betapa sangat pentingnya peran seorang ibu di dalam keluarga.

Dan bagaimanakah seorang ibu bisa menjadi pilar bagi ketahanan sebuah negara atau pilar kekuatan negara yakni seorang ibulah yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Seorang ibulah yang pertama kali menjelaskan apa itu berjuang, apa itu cinta tanah air, mengenalkan etika dan sopan santun. Seorang ibulah yang selalu mendoakan setiap anaknya agar tidak hanya belajar dan berpendidikan tetapi memberikan diri untuk kemajuan negara.

Namun saat ini masih sering dijumpai ibu-ibu muda yang harus mengandung dan melahirkan anak dengan usia yang masih sangat belia. Ibu muda yang berusia belasan tahun yang masih berada pada tahapan belajar dan menempa diri tetapi harus mendapatkan peran sebagai seorang ibu. Remaja yang masih memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan diri, memperkaya wawasan, menimba pengalaman agar menjadi wanita dan calon ibu yang benar-benar siap sebagai pilar negara terpaksa harus melupakan kesempatannya untuk membesarkan seorang anak.

Bukan tidak mungkin ibu-ibu muda itu akan kehilangan masa muda tetapi juga dasar untuk memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak yang sehat dan cerdas menjadi sangat tipis harapannya. Seorang ibu tidak harus berpendidikan tinggi dan bergelar banyak tetapi seorang ibu wajib untuk memiliki kesiapan mental dan bekal yang cukup kuat untuk mendalami perannya.

Seorang Ibu pada masa sekarang dituntut untuk selalu mau terbuka pada perkembangan zaman dan memiliki wawasan yang luas. Ibu menjadi jendela pertama bagi anak mengenal banyak hal dengan kacamata kebenaran. Ibu yang kuat dan cerdas akan menghasilkan anak-anak yang sehat dan cerdas. Anak-anak cerdas yang lahir dari ibu yang sehat akan membentuk komunitas generasi muda yang cerdas dan visioner.

Generasi muda yang cerdas dan visioner akan menjadi pejuang bagi negara di masa sekarang dan yang akan datang. Masa depan dan kemajuan negara terletak pada generasi mudanya bukan hanya soal sumber daya alamnya tetapi kekayaan manusianya yang cerdas dan visioner. Maka menjadi sangat penting peran ibu dalam keluarga yang menjadi awal bagi munculnya generasi visioner bagi kemajuan negara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: